Monday, February 2, 2015

Janinku sungsang, Alhamdulilah bisa melahirkan secara normal

 Janinku sungsang, Alhamdulilah bisa melahirkan secara normal


      Malam ini mau cerita waktu proses kelahiran anak ke dua saya yang ganteng, kenapa ganteng? karena anak saya laki-laki, kalau perempuan, baru cantik. Keinginan pengen punya anak laki-laki diijabah sama Allah, usia 5 bulan dalam kandungan, eh bu dokter tanpa ditanya da bilang " adeknya cowok nih, dah kelihatan penisnya" maksud hati buat surprize gitu, eh keduluan bu dokter ngomong,  tapi jujur sueneng juga dengernya, Alhamdulilah banget, kan di kakak cewek dan insyaallah adek cowok, lengkap deh pikir kami. 
     Yang juga ikut seneng tentu si kakak, pengen punya adek cowok keturutan, dan dia dengar sendiri dari bu dokter yang memeriksa. Sejak ketahuan hamil, saya ikutkan si kakak dalam kehamilan saya, mulai ikut memeriksan kandungan, ngerasain adek bergerak hingga belanja keperluan adek saat mau lahiran. Efeknya kakak ngerti banget kalau mau punya adek dan terlihat antusias menyambutnya. Mungkin juga usianya saat itu mau 6 tahun, jadi sudah dewasa untuk menerima kehadiran adik.
      Masuk usia 7 bulan kandungan saya besar banget, kayak mau lahiran alias da 9 bulan. Menurut bu dokter sih kenaikan berat badan saya yang lumayan banyak sampai 25 kg dari berat badan sebelum hamil, dan lapisan lemak pada kulit perut yang lumayan tebel. Walhasil badan terlihat super besar. Nah pada usia 7 bulan ini ketahuan pas periksa USG kalau posisi janin saya terbalik alias Sungsang, dimana kepala baby berada diatas atau dibawa dada saya, sedangkan kaki baby berada di bawah atau dekat jalan lahir. Kagetlah  saya mendengar penjelasan bu dokter. Menurut beliau, kondisi ini terjadi pada saya disebabkan, karena kehamilan yang ke dua, dan rongga tempat baby  alias rahim menjadi lebih longgar sehingga si baby lebih bebas berputar-putar didalamnya. Dan menurut beliau juga posisi baby bisa diputar dengan melakukan   gerakan seperti saat sujud waktu sholat, bedanya dada menyentuh lantai. Gerakan ini harus sering dilakukan, dan saat melakukannya kurang lebih 5 menit, istirahat dan bisa mengulangnya kembali. Sampai di rumah buru-buru deh lakukin gerakan ini. Hampir setiap hari saya melakukan gerakan ini, dengan harapan si baby kembali ke posis normal. Akhirnya bulan ke 8 waktumya periksa lagi, Alhamdulilah baby da kembali ke posisi normal, legaaa deh.
      Malam itu tanggal 3 januari 2014 tepatnya hari jumat malam jam 9 kurang, saat nemenin si kakak nonton film di tivi, sedangkan suami lagi istirahat dikamar, yang katanya cuapek banget hari ini di kantor alias di sawah. Eh tiba-tiba byoor, keluar air tak terbendung dari bawah perut, kaget tapi gak begitu panik, maklum da pernah hamil, aku pikir wah nih air ketuban pecah nih, kubangunkan suami, setelah bangun sempat terdiam suami saya, mungkin belum sadar sepenuhnya dari tidur, baru setelah sadar dia segera telp kakak saya untuk datang kerurmah jagain si kakak. Mengingat HPL masi akhir januari, saya belum menyiapkan tas perlengkapan  untuk dibawa ke Rumah Sakit Bersalin, akhirnya suami yang menyiapkan perlengkapan seadanya atas intruksi saya. Saya masuk mobil dengan menyelipkan handuk diselangkangan karena air ketuban masi terus keluar. 
        Sampai di Rumah Sakit Bersalin sekitar pukul 10 malam yang kebetulan saat itu tidak ada yang barengan lahiran, jadinya saya cepat sekali di tangani oleh perawat, pada saat datang belum ada kontraksi dan rasa sakit, setelah diperiksa ternyata sudah  bukaan 4, si perawat bilang kemungkinan besok subuh baru lahiran, hah lama sekali! pikir saya, padahal dulu kakak hanya 2 jam sejak saya masuk rumah sakit. Dan Bu Dokter yang biasa periksa saya sedang ibadah Umroh. Satu jam kemudian kontraksi mulai terjadi dan semakin cepat, perawat segera memanggil dokter karena sudah bukaan 7, benar kan pikir saya gak mungkin kalau nunggu subuh, jam menunjukan pukul 11 malam.
        Terlihat para perawat seperti saling berbisik dan sedikit tegang tapi berusaha menyembunyikan sesuatu dari saya. Saya sih sudah gak tanya-tanya sama perawat, karena menahan rasa sakit akibat kontraksi, saya rasakan sepertinya lebih sakit dari pada waktu kelahiran anak pertama. Akhirnya dokter pengganti datang, beliau memanggil suami saya dan menjelaskan keadaan si janin, baru tahu deh kalau ternyata janin saya posisinya Sungsang, oh ini yang tadi membuat perawat berbisik-bisik dan tegang. 
         Dokter memberikan saran untuk segera operasi mengingat resiko bayi bila dilahirkan secara normal, dengan kemungkinan terjelek kepala tertinggal, leher patah, tangan patah, pokoknya serem dengernya (ini cerita suami) tapi tergantung saya siap apa tidak, saya bilang kepada dokter " dok saya sudah gak kuat nahan baby mau keluar, apalagi nunggu persiapan operasi paling tidak setengah jam" , apapun resikonya saya terima." Sumpah saya sudah gak kuat nahan sakit yang menurut saya luar biasa, jadi sudah tidak bisa berfikir lagi bagaimana nantinya bayi saya. Akhirnya dokter bersama perawat menyetujui permintaan saya, beliau mengajak berdoa bersama-sama, dengan Bismilah dokter bersiap mengeluarkan bayi saya secara normal alias alami.
        Suami saya berada disamping saya buat bantuin memompa semangat mengejan, hingga akhirnya pantat bayi yang pertama muncul, dan selanjutnya kakinya, perlahan-lahan si baby keluar, giliran kepala yang terakhir, saya merasakan capek sekali, untunglah suami tetap memberikan semangat hingga mengejan terakhir sang baby keluar.Tepatnya pukul 12.45 malam. Legaaa? belum...., baby saya belum langsung menangis, cuma tedengar batuk seperti tersedak hingga 1 menit, akhirnya tangis bayi terdengar.... aah sedikit lega, bayi dibersihkan dan didekatkan papanya untuk di perdengarkan adzan dan giliran saya memberikan iqomah. 
         Dokter anak datang memeriksa, dan bayi saya dinyatakan sehat, tanpa kelainan atau cacat, rasanya baru legaa..!. Alhamdulilah..! Mengingat proses kelahiran bayi sungsang dan normal, untuk sementara bayi di infus karena sedikit membiru, kemungkinan dari proses kelahirannya. Tapi rasa bahagia sudah terasa, bayiku terlahir sehat dan terhindar dari resiko kelahiran yang disebutkan dokter bila proses kelahiran sungsang. 
        Rasa bahagia tidak hanya pada kami berdua, tetapi juga bu dokter yang membantu proses kelahiranya, menurut beliau ini adalah kasus pertama dia membantu persalinan dengan posisi janin sungsang dan proses kelahiran normal, sedang bayi dalam keadaan sehat. Besoknya setiap bu dokter visitor ke kamar saya, dia mengungkapkan rasa bahagia, dan masih tetap bertanya "kok bisa ya bu?' . Jawabanya cuma 1, Allah yang membantu....

3 comments:

  1. Ya tuhan mba saya kebetulan hamil 8bulan dan baby juga masih sungsang, kebetulan juga saya baca blog nya anda, ikut terharu campur bahagia dedek bayi nya bisa lahir secara normal walau sungsang :') selamat ya mbak, maha besar allah atas karunianya. Ngomong2 adek bayinya pas lahir beratnya berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  2. iya mbak,, saya sudah 34 minggu bayinya masih dalam keadaan sunsang mbak,,,
    mank berapa berat adek bayinya pas lahir mbak?
    karena saya ada membaca melahirkan bayi sunsang secara normal boleh apabila berat bayinya kurang dari 3 kg mbak...

    ReplyDelete
  3. Istriku juga lahir sungsang normal alhamdulilah bayinya sehat tapi harus sm dokter soalnya bidan saja tidak sanggup

    ReplyDelete