Monday, February 2, 2015

Menjaga kesehatan anak selama perjalanan mudik dengan mobil


Menjaga kesehatan anak selama perjalanan jauh (mudik) menggunakan mobil



      Perjalanan panjang bersama keluarga biasanya dilakukan pada musim liburan, atau mengunjungi orang tua, kerabat apalagi saat mudik.  Pada saat mudik hari raya, agenda tahunan ini selalu dilakukan. Saya bersama keluarga  biasanya mudik ke Solo,jawa Tengah, dimana rumah orang tua suami. Perjalanan yang jauh dengan membawa 2 anak saya, satu yang masih baby dan satunya masih SD perlu persiapan lebih. Perjalanan yang lumayan jauh bisa mencapai 9 jam apabila musim mudik, bahkan lebih.
Hingga akhirnya bertemu dengan orang tua atau kerabat dapat meringankan kerinduan dan kelelahan selama perjalanan panjang
 
     Namun, dalam rangka untuk melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman, persiapan yang diperlukan. Terutama jika  membawa anak-anak, saya pastikan bahwa tidak ada anak yang tidak sakit dan merasa nyaman perjalanan, dan menjaga kebutuhan gizi mereka terpenuhi.


        Sebelum berangkat saya membiasakan membuat daftar barang bawaan yang akan diperlukan agar tidak ada yang terlupakan. Tidak lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan, terutama jika perjalanan cukup jauh dengan medan kasar, yang satu ini menjadi tugas suami. Kami pastikan kondisi tubuh yang sehat, jika  merasa lelah selama perjalanan, biasanya kami harus mencari sebuah rest area atau tempat makan juga bisa dan tidak memaksa untuk mengemudi.  Tidak lupa saya pastikan mobil ini juga tersedia dalam lemari obat dan peta jalan perjalanan.


        Hape alias alat komunikasi pastikan tidak rusak dan baterai sudah penuh. Jangan lupa untuk mengunci rumah ketika rumah akan melakukan perjalanan dan pastikan sebelum meninggalkannya dalam kondisi aman.
 

Masalah kesehatan anak-anak pada saat perjalanan jauh 

 

         Prioritas kepada anak-anak ketika akan  berangkat sangatlah penting, karena pada umumnya meraka akan cepat bosan dan mudah rewel selama perjalanan. Saya memberikan benda-benda yang anak-anak biasa mainkan saat dirumah, ini untuk membuat anak-anak  menikmati perjalanan sehingga anak-anak tidak rewel. Saya tidak lupa untuk membawa makanan dan minuman yang disukai anak-anak. Saya pastikan anak tidak dalam keadaan lapar dan haus, sehingga anak-anak tidak terkena penyakit lambung karena terlambat untuk makan. saya mencoba untuk tidak membeli makanan sembarangan di jalan, karena kurangnya kebersihan dan dapat menghasilkan anak dengan diare.

        Obat yang saya persiapkan selama perjalanan adalah obat dari resep dokter, sebab obat anak-anak yang berbeda dari obat dewasa anak. Umumnya ketika bepergian pilek anak jauh lebih mudah menyerang, batuk, demam, diare dan mabuk darat.


Mencegah mabuk (mabuk darat) pada anak-anak selama perjalanan jauh


      Selain kondisi yang sehat tubuh dan istirahat yang cukup, asupan makanan sebelum dan selama perjalanan harus diperhatikan, sehingga anak tidak mabuk darat di jalan yang mengakibatkan sakit dan mengganggu perjalanan sebagainya. Beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan:

  1. Sebelum berangkat jangan biarkan anak dalam perut kosong, perut akan menghasilkan sejumlah asam yang berlebihan yang dapat menyebabkan iritasi lambung dan merangsang mual refleks.
  2. Konsumsi makanan ringan atau kue selama sekitar dua jam sebelum keberangkatan, sehingga makanan dapat mulai mencerna ketika bepergian.
  3. Hindari makan terlalu banyak makanan yang lambat dicerna, makanan atau minuman yang bisa membuat perut mual seperti makanan rasa yang kuat dan makanan yang kaya lemak.
  4. Berhenti makan besar jam satu jam sebelum keberangkatan, karena perut sudah penuh dan kenyang akan mudah mual dan muntah.
  5. Untuk menghindari mabuk, anak-anak di atas usia 3 tahun dapat diminum mabuk perjalanan. Untuk bayi dan balita telon oleskan minyak atau minyak kayu putih di perut, dada dan punggung yang terasa hangat.
  6. Pastikan kenyamanan dari tempat duduknya untuk menghindari pusing dan mabuk
  7. Membawa makanan dan minuman selama perjalanan jauh


     Makanan dan minuman untuk makan siang selama perjalanan harus tahan lama makanan kering dan minuman manis dan hangat, jika  masih ingin membawa makanan basah selama perjalanan harus diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi tidak lebih dari 6-8 jam setelah pembuatan.
     

Beberapa contoh penyediaan makanan harus melakukan perjalanan jauh di bawah saat ini praktis, mudah untuk makan dan mengisi seperti:
  • Beras yang ada daging cincang, ayam atau sayuran dibungkus daun pisang atau aluminium foil dan kemudian dikukus. lebih baik jika membuat dirinya segera akan bepergian segar begitu cepat dan tidak basi.
  • Sanwich. mempersiapkan roti dan isinya, dapat dilakukan di rumah atau di jalan.
  • Schotel makaroni, makanan cukup mengisi.
  • Steamed Bun, memiliki tekstur padat membuat cepat kenyang, dan variasi isi yang bermacam-macam.
  • Buah-buahan, sangat praktis untuk perjalanan jauh, misalnya jeruk, apel, pisang dal lain-lain.
  • Air dan teh manis. Minuman yang diperlukan untuk menghindari dehidrasi,

No comments:

Post a Comment