Wednesday, February 18, 2015

mengerti dan mengenal siklus haid atau mentruasi, untuk menentukan peluang terjadinya kehamilan

Mengerti dan mengenal siklus haid atau mentruasi, untuk menentukan peluang terjadinya kehamilan

       Kalau membahas masalah haid atau menstruasi bagi bunda yang sedang hamil mungkin bisa dibilang kadarluarsa ya?, Tetapi bagi yang lagi mempersiapkan kehamilan atau lagi pengen cepet hamil, tidak ada salahnya mengenal siklus haid atau menstruasi. 
     Proses haid atau menstruasi  dialami anak-anak perempuan pada saat memasuki masa remaja. Menstruasi menunjukkan bahwa fungsi tubuh wanita berjalan baik. Proses ini membuktikan seorang remaja berubah menjadi wanita dewasa. Selama masa puber, otak akan lepaskan hormon untuk menstimulasi indung telur (ovarium) untuk memproduksi hormon estrogen dan progresteron. Hormon tersebutlah yang akan mematangkan sel telur sehingga terjadi menstruasi atau terjadi kehamilan jika ada pembuahan.
    Proses ovulasi dimana ovarium melepaskan satu sel telur setiap bulannya. Poses ini biasanya terjadi dalam 12-16 hari sebelum haid berikutnya. Menjelang ovulasi, suplai darah ke ovarium akan meningkat dan ligamen kerkontraksi sehingga mendorong ovarium lebih dekat dengan tuba falopi. Sel telur pun lebih mudah menemukan jalan ke tuba falopi lalu bergerak menuju rahim.  Untuk itu untuk menyambut sel telur, lapisan rahim mulai menebal dan dinding rahim menebal tidak terpakai sehingga meluruh dan keluar melalui vagina. Siklus ini, normalnya terjadi setiap bulan dan berhenti setelah ovarium tidak lagi melepas sel telur (menopuse).
    Jika bunda ingin mengandung atau terjadi pembuahan, maka peluang terjadinya kehamilan cukup besar jika dilakukan hubungan seksual dilakukan pada sekitar masa umumnya 2-5 hari. Untuk mendeteksi apakah bunda sedang dalam masa ovulasi, biasanya beberapa wanita mengunakan suhu basal tubuh dan lendir dari vagina. Suhu tubuh wanita akan meningkat hingga beberapa hari sesudahnya. Lendir kental yang dihasilkan servik biasanya akan keluar sesaat sebelum ovulasi.Llendir subur ini membantu sel sperma bergerak menuju sel telur. Apabila terjadi pembuahan, sel telur akan menempel pada dinding rahim.
   Untuk siklus haid tiap wanita tidak sama, pada umumnya berlangsung antara 26-35 hari (rata-rata 28 hari). Hari pertama pendarahan dihitung senagai permulaan siklus haid. Lalu siklus haid anda adalah jumlah hari sebelum haid berikutnya terjadi (hari pertama pendarahan). Jangka waktu menstruasi antara 3-10 hari. 
    Jadi bunda yang sudah siap untuk merencanakan kehamilan semoga informasi ini bisa membantu menentukan waktu yang tepat untuk membuat adek ya?.

No comments:

Post a Comment