Friday, February 20, 2015

Bagaimana cara efektif memperkenalkan agama kepada anak-anak kita pada usia dini

Bagaimana cara efektif memperkenalkan  agama kepada anak-anak kita pada usia dini


          Agama merupakan konsep yang abstrak, kalau kita bicara tentang agama pastinya berhubungan dengan keberadaan Tuhan YME.  Mengenalkan agama pada anak-anak kita tidak perlu menunggu anak berusia 6 tahun bunda. Agama sudah bisa kita perkenalkan pada anak sejak usia 0 tahun.  karena  sejak bayi, anak sudah dibilang selalu belajar, setiap anak telah membawa bakat agama mereka. Mereka dibekali berbagai indera untuk membantunya mengenal dunia. Mata untuk melihat, telinga untuk mendengar dan hati untuk merasakan. Panca indera anak inilah gerbang pengetahuan. Ketika orang tua bernyanyi, sembayang, dan  sholat atau membaca kitab suci, maka panca indera anak akan menangkapnya dan secara otomatis memorinya akan merekam.
             Oleh karena itu pengenalan pada agama sebaiknya dimulai sejak anak lahir. Pada agama islam, setiap anak yang baru lahir selalu diperdengarkan adzan atau iqomah pada telinganya. Sedangkan pada umat kristen mereka melakukan acara pembaptisan. Ini adalah salah satu cara wujud  memperkenalkan agama pada anak.
          Sedangkan untuk mengenalkan sesuatu yang bersifat abstrak  keberadan Tuhan, waktu yang tepat ketika mereka beranjak batita hingga balita atau pada saat anak sudah mulai bertanya tentang Tuhan. Dengan adanya pertanyaan yang dilontarkan si kecil, berarti ia sudah siap  menerima pengetahuan agama. Sebaiknya bunda  memulai dari hal yang kongkret seperti mengenalkan ritual agama yang bisa dilihat dan diikuti anak dalam kegiatan spriritua anda sehari-hari sesuai dengan agama yang dianut.

 Berikut cara memperkenalkan agama kepada anak-anak :

  • Kenalkan Tuhan YME pada si kecil lewat ciptaan-NYa, seperti bunga yang cantik dan berwarna-warni, burung bisa terbang, kupu-kupu, dan termasuk termasuk tubuh kita. Niscaya anak akan lebih muda memahami.
  • Katakan pada anak, kalau ia harus bersyukur memiliki hidung, jadi kita bisa mencium bau-bauan. Memiliki mata, jadi kita bisa melihat dan sebagainya.
  • Kenalkan pada anak sfat-sifat Tuhan. Misalkan maha pemurah, penyayang, pengasih dan lainnya.
  • Anak dilatih untuk memiliki budi pengerti yang baik, hormat pada orang tua, sayang terhadap sesama dan senantiasa bersyukur.
  • Ajarkan anak bersikap baik terhadap dirinya sendiri, misalkan seperti menjaga kebersihan. Semisal Kalau habis pipis ajarkan harus disiram dan dibersihkan. katakan kalau Tuhan tidak suka yang kotor-kotor.
  • Ajak anak melakukan aktifitas ibadah ke rumah ibadah, sesuai agama yang dianut.
  • Pada saat usia masuk sekolah prasekolah atau taman kanak-kanak pilihlah sekolah yang mengajarkan pendidikan agama dan aklaq dengan porsi yang lebih banyak, apabila kita menghendaki anak lebih mengenal lagi agamanya. 
          Demikian beberapa cara memperkenalkan  agama pada anak-anak kita. sebab bunda, menurut saya agama adalah pondasi yang kuat terhadap langkah kedepannya dalam kehidupan anak-anak kita.

1 comment:

  1. mulailah memperkenalkan agama kepada anak semenjak lahir, karena agama merupakan konsep yang sangat penting dalam kehidupan manusia dalam menjalani hidup.

    ReplyDelete