Friday, February 20, 2015

Berbagai macam keluhan ibu hamil selama masa kehamilan

Berbagai macam keluhan ibu hamil  selama masa kehamilan


Selama masa kehamilan, selain perubahan pada tubuh bunda, juga menyebabkan berbagai macam keluhan. Berbagai keluhan yang dialami oleh bunda selam masa kehamilan, simak dibawah ini :

Nyeri perut

Nyeri pada perut bagian bawah sering terjadi pada trimester kedua. Ketika rahim membesar, ligament lingkar menjadi semakin tegang dan menyebabkan rasa nyeri sepanjang ligament. Agar nyeri reda, pengobatan yang baik adalah istirahat.

Sakit punggung

Perubahan tubuh selama kehamilan bisa mengakibatkan pegal pada punggung. Apalagi janin berkembang semakin besar sehingga mudah tertarik atau meregang. Untuk mencegahnya lakukan olahraga teratur, gunakan sepatu tanpa hak, tidur dikasur yang keras, jangan tidur melengkung dan berbaringlah dengan punggung lurus. 

Sesak nafas

Ketika perut mulai membesar. Anda agak sesak nafas adalah hal yang bbiasa terjadi. untuk mencegahnya jangan lupa berdiri dan duduk dengan sikap tenang. Jika ingin berbaring, terlentang dan letakkan kepala dan bahu diatas sebuah bantal atau lebih.

Sembelit


Sulit buang air besar seringkali pada masa kehamilan. banyak penyebabnya misalkan zat besi dan vitamin, kurang minum air dalam kehamilan, sehingga tekanan rahim terhadap usus dan kurangnya latihan olahraga.  Untuk itu perbanyak makanan berserat, sayuran, buah dan minumlah air putih minimal 8 gelas setiap harinya.


Mual 

Umumnya pada awal kehamilan, bunda akan mengalami mual dan muntah, biasanya terjadi 4 minggu setelah pembuahan hingga tiga bulan pertama. Selama bulan pertama kehamilan akan terjadi pusing, malas bangun pagi jika perut kosong. Untuk mengatasinya jangan lupa mengisi perut setiap pagi. Jika tidak nafsu makan, usahakan makan sedikit tetapi sering, lalu perbanyak minum cairan agar tidak terjadi dehidrasi.

Sering buang air kecil

6 minggu setelah pembuahan, anda akan sering pergi kekamar mandi. Penyebabnya adalah tekanan rahim terhadap kandung kemih membatasi kantung kandung kemih untuk diisi air. Saat kehamilan bertambah besar anda mengalami rasa sulit menahan air seni. Walaupun repot bolak-balik kamar kecil, jangan mengurangi porsi minum bunda.

Mimisan dan gusi berdarah

Selama hamil, peredaran darah kehidung meningkat, akibatnya bisa terjadi mimisan dan gusi berdarah. Agar gusi tidak berdarah, gunakan bulu sikat  yang lembut lalu berkumurlah. 


Tidak semua keluhan diatas dialami semua ibu hamil, mungkin hanya beberapa keluhan. Jangan terlalu risau dengan perubahan selama masa kehamilan yang menyebakan keluhan, selama tidak berlebihan dan menyiksa bunda, nikmati masa-masa kehamilan bunda.

No comments:

Post a Comment