Wednesday, February 25, 2015

Asupan bahan makanan yang dilarang dan harus dihindari oleh ibu hamil

Asupan bahan makanan yang  dilarang dan harus dihindari oleh ibu hamil 


         Selama hamil, banyak ragam makanan yang dianjurkan dan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan. Sebab makanan yang masuk ke dalam tubuh juga merupakan asupan bagi janin yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin. Makanan yang dilarang dan harus dihindari antara lain :

Junk food

           Penambahan berat badan selama hamil itu adalah wajar. Tapi makanan sejenis junk food, minuman botolan, soda, kue-kue yang bergula tinggi, serta gorengan selama hamil harus dihindari, sebab makanan tersebut hanya menambah kalori  dan berat badan tanpa memberi sumbangan nutrisi dan gizi.

Rokok dan alkohol

       Wanita hamil yang merokok dan mengkonsumsi alkohol, rawan mengalami keguguran. Jika bayi dapat lahir akan memiliki berat badan yang rendah, beresiko tinggi menderita penyakit kronis, keterbelakangan mental, autisme dan kesulitan belajar. Sedangkan bahaya alkohol bisa menyebabkan  anak mengalami  kekurangan jasmani, kemampuan belajar dan tidak stabilan emosi.

Obat-obatan

      Saat hamil, apapun yang masuk ke dalam tubuh akan masuk juga ke dalam tubuh janin. jadi berhati-hatilah memilih obat. Salah minum obat bisa mengganggu perkembangan janin bunda. Jika terpaksa minum obat karena sakit, konsultasikan dulu dengan dokter.

Makanan tanpa dipasteurisasi 

        Proses pasteurisasi dilakukan untuk menghilangkan bakteri  dari makanan dan minuman, misalkan susu, yougurt, atau keju. berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang tidak melewati proses pateurisasi.

Makanan mentah

      Segala makanan laut (seafood) yang masih mentah seperti sushi, daging sate atau steak yang dibakar atau direbus setengah matang tidak boleh dikonsumsi selama hamil bunda. Karena ditakutkan ada kemungkinan tercemar bakteri atau virus toksoplasma yang membahayakan janin.

Makanan olahan dan zat pewarna 

      Para ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan kaleng, sakarin (pemanis buatan), MSG (vetsin), zat pewarna makanan, daging yang diawetkan dan zat lemak. 

No comments:

Post a Comment