Friday, February 20, 2015

Berbagai macam perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil

Berbagai macam perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil 


       Kalau sudah dinyatakan hamil, selain munculnya perasaan wa-was menjadi calon ibu, muncul juga pertanyaan apa yang bakal terjadi pada tubuh bunda dan janin kelak. Saat kehamilan apa saja macam perubahan dalam tubuh, langsung simak dibawah ini : 

Perubahan payudara 

Diawal kehamilan, payudara bunda akan melunak dan kepekaan punting susu dan pembesaran payudara akan terjadi dan itu normal bunda. Sebab kelenjar susu mulai giat berproduksi. Sampai bulan ketujuh payudara memproduksi sedikit kolostrum, yaitu cairan kekuningan yang diminum bayi diawal kehidupanya. dengan perubahan payudara yang semakin besar,  bunda harus memakai Bra atau BH juga besar dan kuat untuk menyangganya.

Perubahan kerja jantung dan paru-paru 

Karena kebutuhan suplai darah meningkat  pada ibu hamil, jantung  berkerja dengan keras selama hamil. Selain itu efek dari rahim yang membesar, paru-paru tertekan dan membuat ibu hamil sulit bernafas dan cepat lelah.

perubahan kulit dan Rambut

Perubahan hormon selama kehamilan bisa membuat perubahan pada kulit dan rambut. Saat hamil rambut menjadi lebih berminyak atau sebaliknya menjadi sangat kering. Sedangkan perubahan  kulit, jika pada awalnya kulit bunda berminyak maka berubah menjadi kering, demikian sebaliknya. Karena itu bunda jangan malas untuk merawat  dan menjaga  kesehatan dan kecantikan tubuh. 

Perubahan emosi 

Perasaan tidak menentu sering terjadi pada ibu hamil, kadang muncul perasaan sedih, gembira, kesal dan lainnya. Jika hal ini dibiarkan bisa menyebabkan depresi dan hal ini bisa berpengaruh pada perkembangan otak kiri dan kanan janin. Akibatnya bisa menjadi hambatan perkembangan berbahasa kelak.


Perubahan mulut

Selama hamil ibu hamil, sering mengalami pembengkakan gusi, terjadinya karang gigi dan gusi, terjadinya karang gigi dan gusi mudah berdarah. Bahkan tak jarang menimbulkan lubang gigi. Agar hal ini bisa dihindarkan, kunjungi dokter gigi secara rutin.

Perubahan air

Ibu hamil cendererung sering bolak-balik kamar kecil untuk buang air seni dan ini terjadi tidak hanya siang tetapi juga malam. Hal ini bisa terjadi pada awal kehamilan hingga akhir kehamilan. Penyebabnya pembesaran rahim dan janin yang menekan kandung kemih.

Pembengkakan kaki dan tangan

Akibat penimbunan cairan volume darah meningkat berkat pertumbuhan janin, ini bisa membuat kaki menjadi bengkak, bahkan bisa menimbulkan varises. hal ini membuat ukuran sepatu berubah menjadi lebih besar.

Puting susu lebih gelap

Pada bulan kehamilan, payudara ibu hamil terasa lebih berisi, kenyal serta lembut. Sebab tubuh sedang mempersiapkan proses untuk menyusu. Biasanya pada hari ke 10 setelah terlambat bulan akan muncul benjolan kecil pada aerola (daerah dekat puting susu). Sedangkan karena naiknya tingkat hormon tertentu yang menambah pigmen kulit, banyak ibu hamil mengalami perubahan pada puting susunya, yakni menjadi lebih gelap. Tapi tidak perlu cemas, setelah melahirkan warna gelap biasanya berkurang. 

Wasir 

Ini yang saya alami juga bunda. Wasir kerap membesar pada saat kehamilan, sebab pada masa hamil pembuluh darah membesar akhir kehamilan dan pada akhir kehamilan lebih banyak darah yang mengalalir ke rahim. Terkadang wasir jadi semakin parah sesudah melahirkan. Agar tidak terjadi wasir, saat buang air hindari mengejan keras-keras dan perbanyak makanan yang berserat agar tidak muncul sembelit.

Jadi bunda jangan takut perubahan tubuh selama kehamilan, semua bisa diatasi dan jangan lupa menjaga pola makan yang sehasehat meski tubuh  sehingga tubuh juga tetep sehat meskipun mengalami perubahan.

No comments:

Post a Comment