Wednesday, February 18, 2015

Macam-macam perkembangan janin dalam kandungan sang bunda dalam hitungan minggu

Macam-macam perkembangan janin dalam kandungan sang bunda dalam hitungan minggu

     Rasanya seneng ya bunda ternyata dinyatakan hamil oleh dokter atau bidan, meskipun hasil testpack dirumah sudah dahulu mengatakan. Selamat deh bunda atas kehamilannya!. Selama 40 minggu kedepan, masa kehamilan yang menyenangkan dan penuh perubahan pun dimulai sejak hari pertama menstruasi terakhir, jadi ingat-ingat ya kapan terakhir menstruasi. Bunda akan merasakan adanya sebuah makhluk mungil yang tumbuh dan berkembang di dalam perut bunda tepatnya rahim.Bunda juga bisa menentukan sendiri waktu perkiraan kapan bayi dilahirkan. Pasti penasaran bagaimana pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi bayi dalam rahim.

     Berikut tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam tiap minggunya :

Minggu 1 
     Boleh dikatakan minggu ini adalah masih periode menstruasi, dan pembuahan belum terjadi, sebab tanggal perkiraan kelahiran bayi kita dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir bunda.

Minggu 2
     Pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua. 30 jam setelah dibuahi,  sel telur yang telah dibuahi membelah dua. Selama terus membelah sel telur bergerak di dalam tubafalopi menuju rahim. Setelah membela menjadi 31, sel telur disebut morula.

Minggu 3
      Sampai usia kehamilan memasuki usia 3 minggu, bunda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. Sel telur yang telah membela menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut lastosit. Ukuranya sangat kecil, berdiameter 0,1-0,2 mm.

Minggu 4
      Minggu ini bayi berbentuk embrio. Embrio memproduksi hormon kehamilan yaitu hormon Chorionic Gonadotropin (HCG), sehingga apabila anda melakukan tes kehamilan, hasilnya positif. 

Minggu 5
    pada minggu ini panjang janin sekitar 1,27 mm. Sistem saraf pusat, otot dan tulang mulai terbentuk. Begitu pula dengan kerangka. 

Minggu 6
    Ukuran embrio rata-rata 2-4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong. Tuba saraf spanjang punggung bayi telah menutup. meski bunda belum bisa mendengar, jantung bayi mulai berdetak . Sistem pencernaan dan pernafaasan mulai terbentuk, pucuk-pucuk kecil yang akan berkembang menjadi lengan kaki mulai nampak.

Minggu 7 
   Akhir minggu ketujuh, panjangnya sekitar 5-13 mm dan beratnya 0,8 gram, kira-kira sebesar biji kacang hijau. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tanganyang mungil. Jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan kiri, begitu pula dengan saluran udara yang terdapat didalam paru-paru.

Minggu 8
   Panjangnya 14-20 mm banyak perubahan yang terjadi pada bayi kita bunda, Jika bisa melihat, ujung hidung dan kelopak mata mulai berkembang, begitu pula telinga. Bronci, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan mulai bercabang. Lengan semakin besar dan memiliki siku. Semua ini terjadi hanya dalam 6 minggu setelah pembuahan.

Minggu 9 
   Telinga bagian luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan yang mulai nampak. Janin mulai bergerak walaupun bunda tidak merasakannya. Dengan alat yang bernama Doppler, bunda bisa mendengar detak jantungnya. Minggu ini panjangnya 22-30 mm dan beratnya sekitar 4 gram.

Minggu 10
  Semua organ penting yang telah terbentuk mulai bekerja sama. Pertumbuhan otak meningkat cepat, hampir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit. ia nampak seperti manusia kecil dengan panjang 32-43 mm dan berat 7 gram.

Minggu 11 
   Mulai minggu ini hingga minggu 20 pertumbuhan bayi sangat cepat. dari panjang 44-60 mm dan berat 8 gram menjadi 14-16 cm dan berat 260 gram pada minggu 20. kepala sekitar setengah panjang tubuhnya. alat kelamin luar berkembang, tetapi terlalu dini untuk memeriksa jenis kelamin dengan ultrasonografi (USG).

Minggu 12
     Bentuk wajah bayi lengkap, ada dagu dan hidung kecil. Jari-jari tangan dan kaki yang mungil terpisah penuh. Usus bayi telah berada di dalam rongga perut. Akibat meningkatnya volume darah ibu, detak jantung janin bisa jadi meningkat. panjangnya sekitar 63 mm dan beratnya 14 gram.

Minggu 13
   Pada akhir trisemester pertama, plasenta berkembang untuk menyediakan oksidasi, nutrisi dan pembuangan sampah bayi. Kelopak mata bayi merapat untuk melindungi mata yang sedang berkembang. janin mencapai panjang76 mm dan beratnya 19 gram.

Minggu 14
    Tiga  bulan setelah pembuahan, panjang nya 80-110 mm dan beratnya 25 gram. Lehernya semakin panjang kuat. Lanugo, rambut halus yang tumbuh diseluruh tubuh dan melindungi kulit, mulai tumbuh pada minggu ini. kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium turun dari rongga perut menuju panggul.

Minggu 15 
    Tulang dan sumsum tulang di dalam sistem kerangka terus berkembang. Jika bayi berjenis kelamin perempuan, ovarium mulai menghasilkan jutaan sel telur pada minggu ini. Kulit bayi masih sangat tipis, sehingga pembuluh darahnya kelihatan. Akhir minggu ini, beratnya 49 gram dan panjang 113 mm.

Minggu 16
   Janin mulai bergerak, tidak perlu merasa kuwatir jika bunda tidak merasakannya. Semakin banyak kalsium yang tersimpan dalam tulang bayi seiring dengan perkembangan kerangka. bayi berukuran 116 mm dan beratnya 80 gram.

Minggu 17
    Dengan panjang 12 cm dan berat 100 gram, bayi masih sangat kecil. lapisan lemak cokelat mulai berkembang, untuk menjaga suhu tubuh bayi setelah ia dilahirkan, berat lemak mencapai tiga perempat dari total berat badannya. 

Minggu 18 
     Mulailah bersenandung sebab janin sudah bisa mendengar pada minggu ini. ia pun bisa terkejut bila mendengar suara keras. mata bayi pun berkembang. Ia akan mengetahui adanya cahaya jika anda menempel senter yang menyala di perut. panjangnya sudah 14 cm dan beratnya 140 gram.

Minggu 19 
    Tubuh bayi diselimuti vernix caseosa, semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka. Otak bayi telah memiliki jutaan saraf motorik karenanya ia mampu membuat gerakan sadar seperti mengisap jempol. Beratnya 226 gram dan panjangnya hampir 16 cm.

Minggu 20 
   Setelah perjalanan telah dilalui. Kini berat janin mencapai 260 dan panjangnya 14-16 cm. Di bawah lapisan vernix, kulit bayi mulai membuat lapisan dermis, epidermis dan subcutaneous. rambut dan kuku tumbuh pada minggu ini.

Minggu 21 
    Usus bayi telah cukup berkembang sehingga ia sudah mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan menuju usus besar. gerakan bayi semakin pelan karena beratnya sudah 340 gram dan panjangnya 20 cm.

Minggu 22  
    Indera yang akan digunakan bayi untuk belajar berkembang setiap hari. setiap minggu wajahnya semakin mirip seperti saat dilahirkan. perbandingan kelapa dan tubuh semakin proporsional.

Minggu 23 
   Meski lemak semakin bertumpuk di dalam tubuh bayi, kulit masih kendur sehingga tampak keriput, ini karena produksi sel kulit lebih banyak dibandingkan lemak. ia memiliki kebiasaan berolahraga, menggerakan otot jari-jari tangan dan kaki, lengan dan kaki secara teratur. Beratnya hampir 450 gram.

Minggu 24 
   Paru-paru mulai mengambil oksigen meski bayi masih menerima oksigen dari plasenta. Untuk persiapan hidup di luar rahim, paru-paru bayi mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara tetap mengembang.

Minggu 25
     Bayi cegukan, bila merasakan, ini merupakan tanda bayi latihan bernafas. ia menghirup dan mengeluarkan air ketuban. Jika air ketubanyang tertelan terlalu banyak, ia akan cegukan. Beratnya 560 gram.

Minggu 26 
    Kini berat bayi hampir 850 gram. mata yang semula tertutup mulai membuka dan mengedip. Bulu mata mulai berkembang, begitu pula rambut di kepala.

Minggu 27 
     Minggu pertama trisemester ketiga, paru-paru, hati dan sistem kekebalan masih harus dimatangkan. namun jika dilahirkan, memiliki peluang 85 % untuk bertahan. Panjangnya 23 cm dengan berat 900 gram.

Minggu 28 
     Minggu ini berat bayi mencapai 1100 gram dan panjangnya 25 cm. otak bayi semakin berkembang dan meluas. Lapisan lemak pun semakin bertambah dan rambutnya terus tumbuh

Minggu 29
    Kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen, hormon ini akan menstimulasi hormon prolaktin didalam tubuh ibusehingga  membuat kolostrum (air susu yang pertama kali keluar).

Minggu 30
    lemak dan berat badan bayi terus bertambah sehingga bobotnya bayi 1400 gram dan panjangnya 27 cm pada minggu ini. karena bayi sudah semakin besar maka gerakanya juga semakin terasa.

Minggu 31 
    Plasenta masi memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi. aliran darah di plasenta memungkinkan bayi menghasilkan air seni. ia berkemih hampir sebanyak 500 ml sehari didalam air ketuban.

Minggu 32 
     Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna, begitu pula dengan bulu mata, alis dan rambut dikepala yang semakin jelas. Lanugo yang menutupi tubuh bayi mulai rontok tetapi sebagian masih ada dibahu dan punggung saat dilahirkan. Dengan berat 1800 gram dan panjang 29 cm, kemampuan bertahan  hidup diluar rahim sudah lebih baik apabila ia dilahirkan pada minggu ini.

Minggu 33
     Vernix yang menutupi kulit bayi sudah cukup tebal. paru-parunya hampir matang dan ia terus berlatih pernafasan setiap hari. Pada minggu ini ia mulai berada dalam posisi kelahiran.

Minggu 34 
      Bayi yang dilahirkan pada minggu ini, paru-parunya sudah cukup matang, Ukuran rat-rata 2250 gram dan 32 cm sehingga ia sudah mampu bertahan hidup tanpa bantuan peralatan medis.

Minggu 35 
     Beratnya sudah 2550 gram tetapi ia mulai masuk masa percepatan kenaikan berat badan, lemak sudah disimpan diseluruh tubuh terutama sekitar bahu. Gerakannya semakin berkurang karena ukuranya yang semakin besar.

Minggu 36 
     Tinggal beberapa minggu lagi bayi dilahirkan. beratnya sudah mencapai 2750 gram. asupan kalsium, membantu kerangka bayi lahir lebih kuat tetapi masih cukup lembut untuk melawati jalan lahir.

Minggu 37
    Meskipun sudah cukup bulan, bayi masih terus berkembang. Ia mulai menghasilkan kortison, hormon yang membantu kematangan paru untuk mengambil udara tanpa bantuan. 

Minggu 38 
     Beratnya sekitar 3100 gram dan panjangnya 35 cm. lemak masih diproduksi mesti tingkat pertumbuhanya mulai melambat. jika bayi laki-laki, testikel telah turun mendekati skrotum. Jika bayi perempuan, alat kelaminya telah berkembang sempurna

Minggu 39
        Karena beratnya bisa mencapai 3250 gram, ia memenuhi rongga rahim. Tali pusat yang membawa nutrisi dari plasenta panjangnya bisa mencapai 50 cm dan tebalnya 1,3 cm  tali pusat bisa melilit bayi. 

Minggu 40 
       Setelah berminggu-minggu menunggu dan mempersiapkan diri, sang bayi akhirnya dilahirkan. Atau bisa jadi belum lahir, hanya 5 persen wanita hamil yang melahirkan tepat dengan perkiraan tanggal persalinan. Bayi lahir dengan berat rata-rata 3500 dan panjangnya 48-52 cm 

Demikian tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam setiap minggunya. Nikmati bunda masa-masa kehamilan ini, apabila bayi sudah dilahirkan, terkadang kita kangen mersakan saat hamil, saat tubuh membesar dan perut membuncit hehehe

No comments:

Post a Comment