Tuesday, February 24, 2015

Bagimana tips memilih ukuran Bra atau BH yang tepat pada masa kehamilan

Bagimana tips memilih ukuran Bra atau BH yang tepat pada masa kehamilan


        Pada saat hamil, tubuh bunda akan mengalami perubahan, salah satunya adalah payudara. Perubahan kadar hormon selama kehamilan menyebakan aliran darah meningkat dan jaringan payudara berubah. Itulah sebabnya payudara terasa bengkak, nyeri, gatal dan lebih sensitif. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, payudara akan membesar dan daerah puting akan lebih gelap warnanya. Semua ini merupakan persiapan tubuh bunda untuk memberikan makanan pada bayinya kelak setelah dilahirkan.

         Untuk mengurangi nyeri, bunda disarankan untuk mengganti BH biasa dengan BH khusus kehamilan. Penggunaan BH lama tidak memungkinkan lagi karena ukuran payudara terus berubah selama kehamilan. Ukuran cup dan lingkar payudara biasanya  lebih besar, terutama jika anda sedang menantikan anak pertama. BH biasa dengan ukuran lebih besar tidak akan memberikan kenyamanan yang bunda butuhkan. Dengan BH kehamilan yang dirancang khusus untuk menopang payudara yang semakin membesar sehingga bunda akan merasa nyaman.

Waktu membeli

           Pada usia kehamilan usia 6-8 bulan, ukuran payudara biasanya lebih stabil. Inilah saat yang tepat untuk memilih BH kehamilan. Atau ketika BH lama tidak lagi memerikan kenyamanan. Bunda bisa mengganti dengan BH khusus kehamilan. BH kehamilan biasanya tidak fleksibel seperti BH biasa karena harus mampu menopang dengan baik dan benar. Jenis BH yang mampu mengurangi pegal dan sakit punggung. Sediakan 3-4 buah BH kehamilan sehingga bunda memiliki gantinya agar tidak membosankan. Pilih 2-3 model yang berbeda warna. Tambahkan dengan 1-2 BH untuk tidur, biasanya lebih lembut dan lebih flexibel.

Tips memilih BH kehamilan 

  • Hindari membeli BH biasa dengan ukuran lebih besaran
  • Coba dahulu sebelum memutuskan membeli. Bila kait pertama pas dan nyaman diawal kehamilan, BH tersebut akan tetap nyaman dipakai hingga masa kehamilan berikutnya menggunakan kait ke 2-3.
  • Hindari membeli BH kehamilan dengan kawat penopang yang keras menggigit. Kawat di BH biasanya membuat tidak nyaman. 
  • Pilih BH yang lembut dan tidak memiliki jahitan pada bagian puting untuk mengindari luka.
  • Pilih BH yang memiliki ruang untuk tumbuh karena ukuran payudara 2-3 kali lebih besar, baik cup atau lingkar dada. 

Menemukan Ukuran yang tepat

Lingkar dada. Ukuran lingkar dada mengunakan meteran, tepat dibawah payudara. Pastikan ukurannya tidak terlalu ketat dengan meletakan jari telunjuk dibawah meteran untuk memberikan peluang tubuh yang membesar saat tubuh duduk. Tambahkan 5 inci dari angka tersebut, tambahkan 1 inci lagi jika hasilnya tidak genap. Misalkan lingkar dada 32 inci, ditambahkan 5 menjadi 37 karena hasil ganjil ditambah 1, sehingga lingkar dada menjadi 38. Saat mencoba BH, kaitkan pada bagian tengah sehingga BH masih bisa dipakai pada masa kehamilan selanjutnya. 
Cup dengan BH yang dipakai saat ini, tarik meteran (jangan terlalu kuat) disekitar bagian payudara yang paling menonjol. Perbedaan antara lingkar dada dikurangi ukuran ini kan menentukan ukuran cup, misalkan perbedaan 2 inci. Ukuran cup menjadi B. 

Berikut  selisih ukuran dan ukuran cup.

Ukuran (inchi)                   Ukuran CUP
       1                                      A
       2                                      B
       3                                      C
       4                                      D
       5                                      E
       6                                      F
       7                                      G
       8                                      H


No comments:

Post a Comment