Thursday, February 26, 2015

Apa sajakah tahap-tahap proses persalinan normal atau alami

Apa sajakah tahap-tahap proses persalinan normal atau alami

            Alam telah merancang persalinan dan kelahiran secara  sederhana dan elegan. Meskipun setiap proses persalinan dan kelahiran prosesnya sangat indah dan berharga. Proses persalinan dibagi menjadi  tiga tahap dan fase. Hal ini untuk mempermudah gambaran perubahan yang anda alami selama proses persalinan.Adapun tahap-tahap proses persalinan sebagai berikut :

Tahap pertama : Pembukaan

Tahap pertama ditandai dengan pembukaan dan penipisan  leher rahim. Proses  berlangsung kira-kira 7-14 jam ini dibagi menjadi tiga bagian fase antara lain :
  • Fase awal dimulai dengan munculnya kontraksi, pembukaan sertapenipisan leher rahim secara bertahap. Pembukaan leher rahim dari 0-3 cm, berjalan lambat, sekitar 8 jam.
  • Fase aktif ditandai dengan percepatan pembukaan leher rahim, kontraksi lebih lama, lebih kuat dan lebih sering. Pembukaan dari 2 cm menjadi 9 cm, rata-rata berlangsung selam 3-6 jam.
  • Fase transisi bisa selesai dalam 20 menit hingga 2 jam. Leherl rahim telah terbuka penuh hingga 10 cm.

Pada kehamilan selanjutnya, fase-fase tersebut berlangsung lebih singkat. Pembukaan serviks pada persalinan pertama diawali dengan pendataran, menipis, lalu membuka. Sedangkan pada persalinan berikutnya, serviks sudah sedikit membuka. Proses bersamaan dengan pendataran, penipisan dan pembukaan.

Ketuban pecah dengan sendirinya saat pembukaan hampir atau telah lengkap. Namun ada kalanya ketuban harus dipecahkan. Apabila ketuban pecah sebelum waktunya, Anda harus segera ke rumah sakit, dokter atau bidan.

Tahap kedua : Pengeluaran

Tahap yang umum disebut fase transisi ini dimulai ketika leher rahim terbuka penuh. Kekuatan hiks dan mengejan akan mendorong janin keluar. Prosesnya rata-rata berlangsung 1,5 - 2 jam pada persalinan pertama dan 0,5 jam pada persalinan ke dua.

Segera setelah leher rahim terbuka penuh, timbul dorongan untuk mengejan dan terus terjadi kontraksi. Saat seluruh kepala dan tubuh bayi kelihatan, bunda biasanya diminta untuk mendorong lebih lembut dan pelan. Akhirnya dengan satu dorongan bayi terlahir kedunia.

Tahap ketiga : Keluarnya plasenta 

Kelahiran bayi diakhiri dengan keluarnya plasenta. Plasenta akan lepas dalam waktu 6-15 menit setelah bayi lahir. Keluarnya spontan atau dengan sedikit penarikan tali pusat yang terkendali. Tahap ini biasanya disertai dengan pengeluaran darah tetapi tidak terlalu banyak. Semua tahap persalinan rata-rata berlangsung selama 15 jam, untuk wanita yang baru pertama kali melahirkan.
Namun ada pula wanita yang membutuhkan  waktu lebih lama sekitar 20 jam atau lebih. Persalinan kedua dan seterusnya rata-rata berakhir 8 jam.

No comments:

Post a Comment