Tuesday, February 3, 2015

Bagaimana merawat bayi di hari-hari pertama pada usia 0-1 bulan ditengah-tengah keluarga

Bagaimana merawat bayi di hari-hari pertama usia 0-1 bulan ditengah-tengah keluarga


       
Bayiku usia 0-1 bulan
Setelah diperbolehkan pulang dari rumah sakit bersalin dengan membawa  anggota keluarga baru kerumah merupakan moment yang sangat indah, kehadiran bayi kerumah ditengah-tengah keluarga besar disambut dengan suka cita. Karena kegembiraan semua anggota keluarga membuat semua ingin menggendong si kecil. Hari-hari pertama bayi dirumah seolah merupakan mainan baru yang semua orang ingin memainkanya. Semua seolah ikut berlomba merawat bayi kecil saya, Terutama kakek-neneknya. Seminggu berjalan, euforia sukacita adanya anggota keluarga baru seolah pelan-pelan berjalan normal dengan sendirinya, semua kegiatan di rumah mulai berjalan normal kembali. Tinggalah saya yang harus merawat bayi kecil saya sendiri.  Kakek-neneknya sudah kembali kerumah masing-masing.
        Merawat bayi usia 0-1 bulan memang sedikit merepotkan, tapi sangat menyenangkan, mungkin bagi yang petama kali memiliki bayi, kegiatan merawat bayi di hari-hari pertamanya memerlukan persiapan lebih dan perlu belajar. Kegiatan mulai memandikan bayi, mengganti baju, popok, menyusui hingga menenangkan bayi menangis memerlukan pembelajaran.Untunglah pada saat hari-hari pertama, bayi masih belum terlalu rewel, kegiatan utamanya hanyalah menyusu dan tidur. Tidur bayi  dapat dijadikan indikator dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi , bahkan tidur disebut sebut sebagai tumbuh kembang otak dalam meningkatkan kecerdasan, berakal dan juga berpikir jernih. Pada saat bayi anda sedang tidur 75% hormon pertumbuhan terjadi dalam merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan. Adapun bagi bayi yang tidak dapat memenuhi kebutuhan tidurnya maka akan mengalami penurunan daya tahan tubuh bayi yang mengakibatkan resiko infeksi meningkat, hal ini berhubungan dengan kadar sel darah putih yang menurun.

Beberapa kegiatan merawat bayi di hari-hari pertama usia 0-1 bulan sebagai berikut : 

  • Pada umumnya hari-hari pertamanya yang diisi dengan banyak tidur ini justru membuat sang mama jadi kekurangan waktu tidurnya, bagaimana tidak, sebab setiap 2-3 jam sekali harus menyusui bayi, dan meskipun bayi tidurpun harus dibangunkan untuk memberikan air susu. Disinilah kebiasaan sang ibu untuk mengatur waktu istirahat benar-benar diperhatikan. Jangan sampai sang ibu yang terlalu capek dan kurang istirahat justru membuatnya jatuh sakit, dan perawatan bayi menjadi terabaikan. Karena pada usia 0-1 bulan bayi  masih banyak tidur, maka kita harus membuat bayi tidur dengan nyenyak dan nyaman. pola tidur bayi yang baru lahir sekitar 10-18 jam sehari.
  • Perawatan yang paling sulit di hari-hari pada saat pertamanya menurut saya adalah mandi, sebab saat tali pusar bayi belum terpisah, kita harus merawat tali pusar tersebut jangan sampai terinfeksi bakteri  atau virus. sebab kondisi tali pusar yang basah setelah mandi membuat mudah terinfeksi, dan  menjadi semakin lama terlepas. Segeralah keringkan tali pusar dan membungkusnya dengan kain kasa steril. Pada saat bayi anak pertama saya, setelah mandi saya bubuhkan betadine di tali pusar setiap selesai mandi, yang menurut bidan di rumah sakit agar tidak terinfeksi dan cepat kering. Sedangkan bayi kedua saya, bidan atau perawat rumah sakit justru tidak menyarankan pemakaian betadine, dibiarkan sembuh atau kering secara alami dan  tetap  dibungkus kain kasa steril. Pemakaian kain gurita atau grito (jawa) saya rasa cukup membantu selama tali pusar belum terlepas, sebab kain gurita mampu menahan tali pusar agar tidak bergeser. Pemakaian kain gurita hendaknya sampai tali pusar terlepas. Setelah itu baru saya memakaikan kaos dalam sebagai gantinya. Tidak harus menunggu sampai 40 hari seperti saran orang tua atau sesepuh, sebab pemakaian kain ini justru membuat bayi seperti susah bernafas tidak bebas bergerak.Dokter anak saya pun menyarankan demikian. 
  • Jauhkan bayi dari lingkungakan yang buruk bagi kesehatannya, semisal ada anggota keluarga yang lagi sakit. Walaupun sakit ringan seperti flu atau pilek. Sebab bayi masi rawan terhadap bakteri dan virus. Kalaupun terpaksa dekat, gunakanlah masker pada penderita, berilah pengertian kepadanya. Cucilah tangan setiap kali mau memegang bayi, hal ini juga berlaku kepada seluruh anggota keluaga. 
  • Ada baiknya bayi dijemur pada pagi hari agar mendapatkan tambahan vitamin D, apalagi bila bayi terindikasi Bayi Kuning , penjemuran akan sangat membantu selain minum ASI yang banyak. Penjemuran kurang lebih  15 menit, usahakan pada pukul 07.00- 09.00 pagi, lebih baik lagi saat matahari bersinar pertama kalinya.
  • Pakaikan baju dengan kain yang nyaman dan pas ditubuhnya. Sebab salah satu penyebab bayi rewel adalah baju yang tidak nyaman. Pada saat mencuci baju bayi, jangan menggunakan mesin cuci, baju akan menjadi rusak dan melar, gunakan tangan saja tanpa terlalu banyak deterjen atau gunakan deterjen khusus baju bayi. Baju bayi tidaklah terlalu kotor jadi tidak perlu terlalu lama mencucinya.
Demikian bunda beberapa cara merawat bayi di hari-hari pertamanya pada saat usia masi 0-1 bulan. Semoga pengalaman saya bisa membantu bunda atau calon bunda lainya. Nikmati proses dihari-hari pertama bayi kita, ini bisa mebuat kenangan tersendiri saat melihat bayi kita sudah besar.

No comments:

Post a Comment