Wednesday, February 25, 2015

Kenyamanan dan postur tubuh saat melakukan perkerjaan rumah tangga dan mengendarai mobil

Kenyamanan dan postur tubuh saat melakukan perkerjaan rumah tangga dan mengendarai mobil


          Bekerja selama hamil sah-sah saja. Pada umumnya kehamilan membuat tubuh tidak sekuat sebelum hamil. Oleh sebab itu kesehatan harus lebih diperhatikan. Tidak terkecuali saat bekerja di dalam rumah. Jambangan pernah menganggap remeh pekerjaan rumah tangga.

      Mencuci, mengepel dal lainya tetap membutuhkan tenaga untuk melakukanya. dan pekerjaan rumah tangga sama melelahkannya seperti pekerjaan lainya. Coba saja bayangkan ibu hamil harus bolak balik dalam ruangan untuk mengerjakan pekerjaan. Belum lagi beresiko terkena bahan Kalaupun harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga  selama hamil tidak boleh mengus mengangkat barang yang berat-berat. Mintahlah orang lain atau suami ,melakukannya untuk anda.

Kenyamanan dan postur tubuh saat melakukan pekerjaan

             Ketika harus mengangkat beban yang tidak terlalu berat dari lantai jangan membungkuk. Usahakan badan tetap tegak.
Perpertahankan postur tubuh yang tegak pada saat menjinjing barang-barang yang terlalu berat seperti tas belanjaan.
             Jika terpaksa membungkukan badan dalam pekerjaan, pilihlah untuk berlutut dengan lutut lurus ke epan.Jika pekerjaan rumah tangga yang mengharuskan bunda berjalan, bunda bisa bersandar sejenak pada dinding atau reling tangga, ketika merasa lelah.

Mengendarai mobil

         Ingin menyetir mobil kala hamil, boleh saja. Selama hamil tidak ada larangan khusus ibu hamil menyetir mobil sendiri. Apalagi jika kehamilan bunda termasuk sehat. Maksudnya tidak ada riwayat keguguran.
          Tetapi untuk amannya, sebelum mengemudi, sepatutnya konsultasikan dahulu pada dokter kandungan. Bila dokter mengatakan boleh, jangan berpergian terlalu jauh. Apalagi pada trimester pertama , karena kuwatir akan terjadi keguguran. dalam perjalanan jauh kaki yang jarang digerakan akan menyebabkan kram, jika terpasa harus keluarkota, mintalah seseorang menemani anda.


4 cara aman menyetir

         Gunakan sabuk pengaman. Jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman, tidak perlu kuwatir, sabuk tidak menekan perut bunda, mala menjaga dari benturan stir mobil.
         Posisi duduk. Ketika kehamilan masih kecil posisi yang tepat saat menyetir adalah posisi duduk tegak. baru setelah kehamilan besar posisi duduk diatur mundur kebelakang, agar bunda bisa menyandar sehingga perut tak menyentuh setir, tapi kaki dapat menyentuh rem atau gas.


Kantong plastik 

             Sediakan kantong plastik didalam mobil, untuk berjaga-jaga saat anda mual dan ingin muntah
Sedia camilan. karena kondisi ibu hamil sering lapar, sediakan camilan, permen, air dalam mobil. Jika kelaparan, anda tak perlu repot mencari tempat makan.

No comments:

Post a Comment