Thursday, February 26, 2015

Pengaruh ruangan sehat bagi perkembangan anak

Pengaruh ruangan sehat bagi perkembangan anak

        Anak-anak masa kini  hidup didalam lingkungan yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Perkembangan ilmu dan teknologi telah mampu menyembuhkan penyakit-penyakit infeksi seperti polio dan campak. Sayangnya teknologi memiliki konsekuensi negatif. Paparan polutan dari lingkungan telah mengancam kesehatan manusia, tanpa memandang usia dan status, melalui air  dan udara yang terkena polusi.
        Sedangkan pengaruhnya pada anak dapat menyebabkan ia lebih rentan terhadap efek udara kotor, sebab sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna. Selain itu, ia menghirup udara (beserta polutan didalamnya) lebih banyak dibanding orang dewasa untuk setiap kilogram berat badannya. Itulah si kecil membutuhkan udara bersih agar tumbuh kembanganya optimal.

Apakah anak harus dikurung didalam ruangan agar tidak terpapar polusi?

         Hal ini bukan jaminan, kualitas uadara ruangan tidak menjamin tersedianya oksigen,  yang dibutuhkan tubuh, mengingat kabanyakan ruangan merupakan bagian tertutup, sehingga kadar oksigen berkuradng saat kita bernafas dan sebaliknya, terjadi peningkatan kadar karbondioksida.

Kualitas udara yang tidak menjamin tersedianya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menjadi penyebab : 

  • Lelah ketika bangun pagi
  • lelah berkepanjangan
  • Terbangun tengah malamlancar peredara
  • terjaga sepanjang malam 
  • mual sepanjang hari
  • Sering menderita flu, pusing, sembelit dan sakit pada tulang belakang
  • terjadinya penurunan daya konsentrasi.

Aliran darah lebih lancar

       Udara bersih mengandung oksigen sekitar 21 %, untuk membantu memperlancar peredaran darah. Apabila volume oksigen yang dibutuhkan sudah sesuai dengan kebutuhan, peredaran darah didalam tubuh semakin lancar. Otot-otot tubuh dapat melakukan aktifitas dengan  baik, tidak cepat lelah, Karena oksigen memperbaiki metabolisme yang menghasilkan energi. Jika pasokan oksigen terganggu, maka timbul endapan pada pembuluh darah . Sel-sel tubuh tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsinya akibat aliran darah terganggu. 

         Untuk membuat suasana ruang didalam rumah lebih banyak oksigen, lebih baik lagi jika kita menanam tanaman atau pohon disekitar rumah kita. Selain untuk rumah juga lingkungan sekitar kita. Karena fungsi pohon itu sendiri sebagai penghasil oksigen dan menyerap CO yang merupakan salah satu polutan. Hal ini secara tidak langsung juga mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak kita di rumah.

No comments:

Post a Comment