Wednesday, February 25, 2015

Macam Relaksasi pada ibu hamil masa kehamilan

Macam  relaksasi pada ibu hamil  masa kehamilan


     Sejalan dengan membesarnya kandungan, beban yang ditanggung sering membuat tubuh semakin berat. Hal ini menyebabkan titik berat tubuh pindah kebagian depan. Tidak heran tanpa disadari saat berjalan ibu hamil sering menarik bahu kebelakang. Sehingga sering membuat punggung dan pinggang terasa pegal.  Pinggang dan punggung terasa pegal

Meditasi

Meditasi khusus ibu hamil berbeda dengan meditasi yang mengharuskan tubuh duduk bersila. Ibu hamil dapat melakukan meditasi dengan cara berbaring dengan posisi tubuh  menarik bantal. Tujuannya untuk menumpuh tubuh dari titik-titik yang menekan. Supaya lebih tenang, putar musik yang menenangkan serta tarik dan oga buang nafas secara teratur. Agar lebih rileks selama meditasi berlangsung pejamkan mata.

Yoga

Yoga bisa dibilang memiliki khasiat untuk tubuh. Rangkaian  gerakan yoga dapat membuat tubuh kuat dan elastis. Olah pernafasan di dalam yoga dan teknik relaksasinya membuat tubuh tenang, sehingga pikiran menjadi positif. Rileksasi dapat dilakukan kapan saja, misalkan menjelang atau setelah tidur. Rileksasi dilakukan didalam ruangan yang tenang.

Pijat 

Selama kehamilan, dengan semakin membesarnya kandungan bunda, didalam perutpun bertambah besar. Untuk menghilangkan tubuh yang penat dan meningkatkan peredaran darah, meredakan kekakuan pada punggung, pijat dapat menjadi solusi  untuk menenangkan. Mintalah suami untuk memijat bunda mulai dari kepala, leher, punggung hingga kaki. Jangan lupa  selama dipijat nafas harus tetap diatur  dengan cara relaksasi yakni menarik dan menghembuskan nafas secara  perlahan agar ketegangan  sirna. Namun ingat, agar aman saat memijat bagian panggul tidak boleh terlalu keras  agar tidak membuat sakit. Dan pemijatan dibagian perut tidak boleh dilakukan.

Refleksiologi

Pijat yang menitik beratkan di bagian telapak kaki ini dapat mengurangi stres dan  meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk ibu hamil penekanan refleksiologi pada titik tertentu yang dapat mengurangi mual muntah, nyeri punggung. Refleksi ini aman untuk ibu hamil asal memberitahukan kehamilan anda terlebih dahulu kepada terapis yang akan menangani bunda.


No comments:

Post a Comment