Monday, February 23, 2015

Macam-macam Komplikasi pada masa kehamilan yang perlu diwaspadai

Macam-macam Komplikasi pada masa kehamilan yang perlu diwaspadai


        Umumnya wanita hamil mengalami masalah yang berbeda. Bahkan tidak sedikit yang mengalami komplikasi pada kehamilanya. Supaya kehamilan tetap sehat harus diawasi dengan baik. Dibawah ini beberapa komplikasi yang sering terjadi  adi masa kehamilan.


Diabetes


       Diabetes bisa menimbulkan masalah serius  di masa kehamilan. Bila bunda menderita diabetes, bisa meningkatkan kemungkinan keguguran. Resikonya janin mati atau cacat lahir. Siapa yang cenderung  mengalami hal ini? para wanita yang kegemukan, keluarga menderita diabetes dan hamil diatas usia 35 tahun. Untuk mencegahnya kendalikan kadar gula 2-3 bulan sebelum terjadi kehamilan cara mengatur diet dan giat berolah raga sebelum hamil.

Asma

       Masalah ini sering dihadapi oleh wanita hamil. Tapi jangan takut,  sebagian obat asma aman diminum  selama  masa kehamilan. Namun untuk lebih amannya  sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Agar asma tak kumat selama hamil, hindari pemicunya.

Darah Tinggi

          Tekanan pada darah  yang meningkat itu biasa. Namun kalau tekanan darah diatas ambang batas, hipertensi (tekanan darah tinggi) dapat menimbulkan masalah, baik untuk si ibu atau janin. Jika terjadi pada ibu hipertensi bisa menyebabkan kerusakan ginjal, stroke atau sakit kepala. Apabila terjadi pada bayi adalah menyebabkan kurangnya aliran darah ke plasenta, menyebabkan bayi lahir kecil atau terlambat pertumbuhannya. Tekanan darah tinggi ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan mudah strees, emosi dan pola makan yang salah, banyak makan makanan berlemak dan junk food. 

Jantung


        Selama hamil, beban jatung mengalami peningkatan.  Bagi wanita hamil,  jantung bisa menjadi pembunuh nomer 4 setelah pendarahan. preeklamsi dan infeksi. Bagi ibu hamil yang menderita jantung sebaiknya tidak bekerja terlalu berat, cukup istirahat dan tidak infeksi.

Anemia 


       Gejala anemia seperti letih lesu, nafas pendek, dan kulit pucat saat hamil dapat mempengaruhi kehamilan. Contohnya anemia dengan sel sabit, bisa mengakibatkan keguguran pada janin dan infeksi kandung kemih  yang tinggi.Perbanyak konsumsi makanan sehari-hari seperti, bayam, hati, telur dan lain-lain.

Placenta Previa


        Pada kehamilan yang normal letak plasenta pada dinding uterus, namun pada placenta previa, letak plasenta di lubang serviks, sehingga menghalangi jalan lahir. Umumnya letak plasenta bergeser sejalan dengan pertumbuhan bayi didalam rahim. Tapi jika tidak bergeser bisa menimbulkan pendarahan akut, karena tekanan dan tarikan pada plasenta. Jika terjadi dokter akan meminta anda berhenti melakukan aktifitas fisik yang berat, karena dapat menyebabkan pendarahan pada plasenta.

     Demikian beberapa macam komplikasi, semoga bunda yang sedang menjalani masa kehamilan tidak mengalaminya.

No comments:

Post a Comment