Monday, March 2, 2015

Trik khusus untuk mengajarkan anak mulai belajar mandi sendiri

Trik khusus untuk mengajarkan  anak mulai belajar mandi sendiri 

 

         Usia balita adalah usia yang tepat mengajarkan mereka mandi sendiri. Sebab pada usia balita motorik halus dan motorik kasar sudah berkembang sempurna. Jadi bunda tidak perlu menunda untuk mengajarkan si kecil mandi sendiri. Dengan mandi sendiri banyak manfaat yang didapat oleh anak. Selain mengajarkan anak lebih mandiri, ternyata bisa membuat anak lebih percaya diri yang tinggi,  karena sudah diajarkan bertanggung jawab akan kebersihan diri, dan diberi kepercayaan untuk mandi sendiri. Tapi agar anak mau belajar mandi sendiri juga diperlukan trik khusus antara lain :

Mandi bersama 

 

Awal mengajarkan si kecil untuk belajar,  mandi sendiri yang pertama adalah mengajaknya mandi bersama. Acara mandi bersama ini sambil bunda ajarkan bagaimana cara mandi yang benar akan membuat anak senang dan gembira. 

Dongengi anak

 

Walau cukup sulit mengajak anak manadi, apalagi saat ia sedang asik bermain, bunda tidak perlu marah. Coba bujuklah si kecil dengan sering mendengarkan cerita tentang asyik dan pentingnya mandi. Biasanya dengan cerita, anak lebih cepat mencerna, sehingga tidak perlu dipaksa mandi, maka mereka dengan sendirinya akan berangkat mandi. 

Jangan dimarahi

 

Bila ia melakukan kesalahan saat mandi, bantulah untuk memperbaikinya. Semisal bila mandinya kurang bersih atau masih terdapat sabun yang belum tersiram, bunda jangan langsung memarahinya atau ditegur. Bantulah ia memahami bahwa ia kurang bersih dan masih ada sisa sabun yang belum benar-benar disiram olehnya. dengan memberinya pengertian dan contoh, lambat launne ia akan mengerti untuk tidak mengulanginya lagi.

Menyanyi bersama

 

Buatlah mandi menjadi rutinitas sebuah kegiatan yang menyenangkan. Misalnya selama mandi kita bisa mengajaknya mandi sambil bersama-sama menyanyikan lagu kesayangannya, menghafal alfabet atau membiarkannya agal lama bermain.

Sambil bermain

 

Agar acara mandi menjadi lebih menyenangkan, sediakan mainan dikamar mandi. Tidak perlu mainan yang mahal. cukup dengan beberapa boneka bebek, kapal-kapalan plastik atau cangkir plastik.

Jawab pertanyaan anak

 

Usia batita biasanya rasa ingin tahunya mereka besar. Banyak pertanyaan yang terlontar dari mulut mereka. Jadi jangan kaget bila si kecil sering bertanya tentang masalah air,  busa , sabun dan lainnya pada bunda. sebaiknya persiapkan diri bunda dengan baik, agar dapat menjawab pertanyaan mereka dengan benar dan si kecil semakin senang mandi sendiri.
 
Demikian beberapa trik untuk  mengajarkan anak belajar mandi sendiri, semangat ya bunda.

No comments:

Post a Comment