Monday, March 2, 2015

Bagaimana cara mengenalkan buku dan manfaatnya bagi otak anak

Bagaimana cara mengenalkan buku dan manfaat buku bagi otak anak


            Bunda membaca adalah salah satu ketrampilan hidup yang penting. Budaya membaca sangat bermanfaat untuk mengembangkan semua aspek kecerdasan, tidak hanya berbicara dan membaca. Karenanya mengenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap buku kepada anak perlu dilakukan sejak dini. Tidak ada kata telambat untuk memulainya. Membaca buku saya ajarkan sejak anak saya masi bayi, dengan baby book, dimana gambar-gambar dengan warna menarik untuk memancing si kecil memegang, hingga berlama-lama melihatnya. Hingga akhirnya buku secara bertahap saya gantikan dengan yang memakai tulisan didalamnya sebagai cerita. 


Manfaat membaca buku bagi anak-anak

  • Budaya membaca buku ini bisa mendorong kreativitas, daya imajinasi, kemampuan bahasa serta memperluas pengetahuannya. Jika si kecil belum bisa membaca. Tugas kitalah untuk mengajarkannya. Bacakan buku untuk anak-anak kita akan memberi banyak manfaat bunda.
  • Paling penting bisa berbagi kegiatan yang mana dilakukan hampir setiap saat dan dimana saja tempatnya. Inilah kesempatan untuk saling mengenal dan memperkuat ikatan.
  • Saat membacakan buku atau menceritakan sebuah dongeng, anak belajar mengikuti cerita sejak awal hingga akhir. Huruf dan kosa kata baru yang dikenalkan  akan menambah perbendaharaan katanya. Saat ia duduk dipangkuan kita si kecil akan merasa aman, Inilah kesempatan untuk saling ,mengenal dan memperkuat ikatan. Saat membacakan buku atau menceritakan sebuah dongeng, anak akan belajar mengikuti cerita dari awal hingga akhir.
  • Cobalah menggunakan nada yang berbeda disetiap karakter di     dalam buku cerita. Dari buku tersebut dan mendengarkan bunda bercerita akan membuat si kecil belajar tentang pola bicara dan membentuk bunyi.

Tips membuat anak menyukai membaca 

 

       Pada awal mengenalkan buku pada si kecil, dia biasanya lebih tertarik untuk merobek setiap halaman buku  dibandingkan membacanya. Jangan melarang apalagi memarahinya, sebab ini menunjukan minatnya terhadap buku meskipun masih sangat kecil. Untuk membina kecintaan anak akan membaca cobalah strategi sebagai berikut :
  • Pilih buku yang baik. Anak-anak menyukai buku dengan gambar yang jelas, warna yang cerah, serta teks tulisan yang singkat dan sederhana.
  • Jadikan membaca sebuah rutinitas. Pilih satu waktu tertentu dimana bunda dan si kecil nyaman melakukan kegiatan ini.
  • Interaksi. Ijinkan anak untuk membuka halaman atau menunjukan tokoh cerita dan ajukan pertanyaan untuknya.
  • Gunakan intonasi yang berbeda. Gaya baca yang beragam lebih menarik dibandingkan dengan suara monoton.
  • Berikan contoh. Orang tua yang senang membaca bisanya memotivasi anaknya untuk senang membaca .

      Berdasarkan pengalaman pribadi saya, membiasakan si kecil membaca buku dan tertarik pada buku, mala membuat dia belajar membaca sendiri tanpa harus diajarkan disekolah maupun oleh saya.  Pernah pihak sekolah menanyakan kepada saya metode apa yang saya gunakan untuk membantu anak saya belajar membaca, sebab di kelas TK A dia sudah bisa membaca dengan lancar, saya sempat kebingungan  karena saya tidak mengajarkan CALISTUNG (baca tulis hitung) di usianya saat itu, tetapi dia sudah bisa membaca dengan sendirinya. Kalau pengenalan huruf dan angka memang sudah dikenalkan oleh sekolah dan saya. Selidik punya selidik, saya tanyakan kepada anak saya saat bersama  dalam suasana bermain, dia bercerita bahwa dia belajar membaca dari buku dan gambar, dari komik Doraemon dan buku-buku cerita. Saya hanya bilang Ooooh!
      Jadi bunda membiasakan anak membaca sejak kecil saya rasa sangan perlu sekali, tanpa langsung mengajarkan membaca. membuatnya tertarik pada buku itulah yang terpenting.

No comments:

Post a Comment